Es Dawet Ireng adalah minuman semacam es cendol yang cendolnya berwarna hitam. Ireng yang berasal dari bahasa Jawa berarti hitam.

Kalau bicara soal es dawet maka yang terbayang dalam benak kita pada umumnya adalah es dawet dengan cendol yang berwarna hijau daun pandan. Namun di Purworejo, Jawa Tengah terdapat minuman dawet khas daerah yang berbeda, bernama Dawet Ireng.

Dawet ireng khas Purworejo pertama kali dirintis oleh Mbah Ahmad Dansri pada sekitar tahun 1950 an.

Warna hitam pada dawet ini diperoleh dari abu bakar jerami (merang) yang dicampur dengan air sehingga menghasilkan air berwarna hitam. Air inilah yang digunakan sebagai pewarna alami pada dawet.

Es dawet ini menjadi istimewa karena selain berwarna hitam pekat, juga penyajiannya yang sangat khas, yaitu jumlah dawet atau cendolnya lebih banyak dari kuah santan dan sirup gulanya. Selain itu konon dawet ireng ini berkhasiat sebagai pereda panas dan memperlancar pencernaan. Sangat pas jika disajikan dengan ditambah es batu dan tape ketan. Rasa manis dan gurih tentu akan menggoyang lidahmu.

Print
clock clock iconcutlery cutlery iconflag flag iconfolder folder iconinstagram instagram iconpinterest pinterest iconfacebook facebook iconprint print iconsquares squares iconheart heart iconheart solid heart solid icon

Es Dawet Ireng Purworejo

  • Author: Ellenka
  • Prep Time: 90
  • Total Time: 1 hour 30 minutes
  • Category: Jajanan

Description

Es Dawet Ireng sangat cocok dinikmati di siang hari yang terik, disajikan sebagai menu berbuka puasa, serta sajian istimewa diberbagai acara seperti khitanan, pernikahan, dan arisan keluarga.


Ingredients

Scale

Bahan

  1. 1000 gram tepung sagu
  2. 1 genggam merang atau batang padi
  3. 1250 ml air
  4. 1000 ml santan
  5. 2 sendok teh garam

Sirup Gula Jawa

  1. 500 gram gula jawa
  2. 250 gram gula pasir
  3. 500 ml air
  4. 2 lembar daun pandan

Instructions

Sirup gula jawa

  1. Rebus semua bahan hingga mendidih dan gula larut, saring dan sisihkan.

Santan

  1. Campurkan santan dengan garam, sisihkan.

Dawet

  1. Larutkan tepung sagu dengan 750 ml air hingga rata, bila perlu saring dengan kain. Sisihkan.
  2. Bakar merang hingga jadi abu. Rendam dengan 750 ml air, aduk hingga berwarna hitam dan saring dengan kain atau penyaring.
  3. Rebus larutan merang hingga mendekati mendidih, sebelum mendidih masukkan adonan sagu, aduk-aduk hingga matang dan menjadi seperti bubur.
  4. Siapkan wadah berisi air dingin, dan saringan atau cetakan dawet di atasnya. Dalam kondisi masih panas ambil bubur merang yang telah matang secukupnya.
  5. Taruh dicetakkan dan sambil ditekan-tekan, biarkan bubur merang kelura lewat lubang-lubang kecil saringan atau cetakan tepat di atas air dingin, kemudian tiriskan.

Penyajian

  1. Ambil gelas atau mangkuk saji, beri dawet hitam, es batu, tuangi santan dan sirup gula jawa, kemudian sajikan untuk 12-15 porsi.


Nutrition

  • Serving Size: 12

Keywords: resep dawet ireng purworejo